5 Antibiotik Paling Populer di Dunia

5 Antibiotik paling populer di dunia5 Antibiotik Paling Populer di Dunia - Obat antibiotik banyak jenis dan ragamnya sehingga kita terkadang sering salah dan bingung memilih antibiotik mana yang sesuai dengan kuman penyebab infeksi, selain itu nama-nama yang di gunakan juga terdengar asing di telinga kita.

Penggunaan obat antibiotik harus dengan resep dokter agar sesuai dengan dosis dan penggunaanya, dan menurut Drs. M Dany Pratomo, MM, Apt. Sebagai ketua umum apoteker Indonesia, penggunaan obat antibiotik sebaiknya di mulai dari yang paling sederhana hingga sampai dengan penggunaan yang memiliki dosis tinggi dan sesuai dengan kuman penyebab infeksi.

Tidak ada salahnya bagi kita untuk mengetahui jenis antibiotik apa saja yang paling populer di gunakan di dunia, selain untuk menambah pengetahuan kita, siapa tahu suatu hari nanti kita membutuhkannya. Agar kita tidak salah dan bingung memilihnya.

Berikut Ini 5 Jenis Obat Antibiotik Yang Paling Populer di Dunia


1. Amoxicillin.

 Obat antibiotik amoxicillin merupakan jenis obat dari golongan penicillin, lebih spesifik lagi termasuk kelompok aminopenicillin seperti halnya jenis antibiotik populer lainnnya yakni ampicilin. Penggunaannya sangat luas, mulai untuk pengobatan infeksi kulit, gigi, telinga, saluran napas dan saluran kemih.

2. Tetrasiklin.

Obat antibiotik ini cukup populer di kalangan para wanita pekerja seks. Mereka cenderung memilih antibiotik ini untuk pengobatan infeksi kelamin seperti chlamydia dan gonorrhea atau kencing nanah. Penggunaan jenis antibiotik ini mulai dibatasi, karena memicu masalah resistensi yang membuat kuman gonorrhea jadi kebal antibiotik.

3. Ciprofloxacin.

Ciprofloxacin merupakan jenis antibiotik golongan fluorokuinolon, salah satu jenis antibiotik paling sering di gunakan saat ini. Penggunaannya antara lain untuk mengobati infeksi saluran napas seperti (bronkitis, sinusitis, pneumonia), infeksi kulit dan mengobati infeksi saluran kemih.

4. Cefadroxil.

Cefadroxil merupakan generasi pertama dari jenis antibiotik golongan Cephalosporin. Cara kerjanya hampir sama dengan Amoxicillin dan antibiotik lain di golongan penicillin. Penggunaannya juga sama luas di gunakan di dunia kesehatan, mulai untuk mengobati infeksi kulit hingga saluran kandung kemih.

5. Erythromicyn.

Erythromycin merupakan jenis antibiotik golongan makrolida yang sering diberikan pada pasien yang alergi penicillin. Penggunaannya lebih luas dari penicillin maupun cephalosphorin, sehingga sering dipakai sebagai pilihan pertama untuk pengobatan pneumonia atipik.

Itulah 5 obat antibiotik yang paling populer di mata masyarakat dunia, sebenarnya masih terlalu banyak antibiotik yang lain, namun hanya 5 itulah yang sering di gunakan masyarakat.

Semoga bermanfaat dan terima kasih



THE LANGUAGE YOU USE

Copyright © infokesehattan.blogspot.com | Powered by Blogger

Protection by DMCA.com Protection Status Protected by Copyscape